TNI AL rancang Pemekaran Armada Laut

Armada Kapal Perang Indonesia
Strategi militer baru dirancang oleh Markas besar TNI AL. Sistem itu berupa pembentukan Komando Pertahanan Laut (kohanla). Tugasnya untuk mengkoordinasi armada - armada yang ada di Indonesia. Dalam sistem sebelumnya, garda laut Indonesia dibagi menjadi dua yaitu Armada Barat (Armabar) yang berbasis di Jakarta dan Armada Timur (Armatim) yang berbasis di Surabaya. Rencananya, sistem Komando Pertahanan Laut (kohanla) akan membuat satu armada baru di tengah yang berbasis di Makassar. Kepala Dinas Penerangan TNI AL Laksmana Pertama Untung Suropati menjelaskan kalau rencana tersebut tinggal menunggu persetujuan final dari Presiden.


Pengembangan postur ini otomatis akan diikuti oleh strata kepangkatan. Untuk Kohanla akan dipimpin oleh perwira tinggi dengan pangkat bintang tiga atau laksamana madya (laksdya). Dan untuk tiap armada dipimpin oleh perwira tinggi bintang dua atau laksamana muda (laksda).

Selain pemekaran armada, TNI AL juga membangun satu pasukan Marinir (pasmar) baru, yaitu Pasmar III yang berlokasi di Sorong, Papua Barat. Selain di Sorong, atas perintah Presiden, Marinir juga dimekarkan di Batam. Ditargetkan tahun ini sudah selesai pembangunan dan bisa difungsikan satu batalion infanteri-10 di Pulau Setoko, Batam. Rencana ini mendapat sambutan positif dari kalangan pemerhati militer di tanah air.


Sumber : indomiliter.mywapblog.com

0 Response to "TNI AL rancang Pemekaran Armada Laut"

Poskan Komentar

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes | Converted by BloggerTheme