Kisah menakjubkan Kapal Selam Indonesia

Kisah menakjubkan Kapal Selam Indonesia : Pernah mendengar nggak kapal selam tampa anti radar bisa tidak terdeteksi radar canggih , nah hanya indonesia lah yang bisa


 Kisah Kapal Selam Hiu Kencana (II)

semua kisah ini merupakan kisah asli yang dituturkan para saksi sebagaimana ditulis dalam 
buku 50 Tahun
 Pengabdian Hiu Kencana 1959 - 2009.
  • Tugas Rahasia ke Pakistan
Menjelang HUT Angkatan Perang RI Tanggal 5 Oktober 1965, sebagian kapal besar kapal-kapal
 perang RI berkumpul di Tanjung Priok, termasuk beberapa kapal selam, saya mendapa
t tugas sebagai komandan divisi kapal selam. Semula HUT akan dilaksanakan dengan meria
h namun karena aa peristiwa G 30 S maka acara pun dibatalkan.Hampir semua kapal perang
 kembali ke pangkalan Surabaya.


Begitu kapal merapat di dermaga kapal selam ujung, saya bersama kapten RM Handogo
 mendapat perintah segera ke jakarta untuk menghadap Komodor L.M Abdulkadir, sampai d
i Jakarta dijemput langsung oleh Komodor L.M Abdulkadir beliau membawa sendiri toyot
a hardtop dan membawa kami ke gedung Gita Bahari, Kami dipertemukan dengan dua oran
g yang belum kami kenal.

Pada pertemuan di gedung Gita Bahari itu saya dan Kapten Handogo mendapat tugas sebag
ai pimpinan RI Nagarangsang dan RI Bramasta untuk membawa kapal tersebut ke Karach
 yang waktu itu masih ibukota Pakistan. Perintah Pak Kadir waktu itu :
  • Tugas ini Rahasia 
  • Tarik haluan ke Karachi, hindari jalur pelayaran kapal - kapal niaga
  • Anak buah tidak boleh tahu tujuan kapal selanjutnya dalam surat menyurat dari
  •  rumah menggunakan alamat konjen kasel, sedangkan dari kapal harus dikumpulka
  • n pada komandan kapal.
Sementara kami di Jakarta, Di Surabaya kedua kapal sudah di siap tempurkan lengkap denga
n personilnya, Sesampai di Surabaya ternyata saya ditunjuk sebagai komandan RI Nagarangsang
 sedangkan RI bramastha di komandani Kapten Pelaut Yasin Sudirjo, Kapten pelaut Handogo
 ternyata ditunjuk sebagai kepala staf gugus tugas X. Ternyata gugus tugas X yang dibentuk 
sebagai tugas latihan tersebut, tugas utamanya adalah untuk membantu negara Pakistan yang
 sedang di serang India, serta merendam perang yang waktu itu sedang berlangsung.

  • Pelayaran Jakarta Karachi

Setelah RI Nagarangsang dan RI Bramastha siap tempur, kapal diberangkatkan dari Surabaya
 menuju Jakarta. Sebelum bertolak ke Karachi ada dua perwira angkatan laut Pakistan yan
g ikut sebagai liaison officer, Mayor Yastur Malik untuk RI Nagarangsang sedangkan Kapten
 M.Sultan untuk RI Bramasta (kelak Mayor Yastur Malik diangkat sebagai KSAL Pakistan Navy
 dan Kapten M.Sultan menjadi KSAL Bangladesh Navy).  

Tanggal 17 oktober 1965 kapal bertolak menuju Karachi. Lepas selat Sunda kapal dikemudikan
 ke arah 270 derajat menyusur barat Sumatera. Garis haluan menerobos kepulauan maldiv,
 Lepas dari kepulauan maldiv garis haluan ditarik ke pantai Persia untuk menjauhi India kurang 
lebih 300 mil, kemudian setelah jarak dari pantai Iran 50 mil haluan kapal ditarik menuju Karachi, 
Pakistan.

Pertengahan bulan November 1965 kapal merapat di Pakistan Navy Naval Base, suasana peran
g tiidak terlalu terasa karena sedang terjadi gencatan senjata. Latihan militer perang dengan 
AL Pakistan dilaksanakan beberapa kali setelah kapal roket ALRI datang, kami menggunaka
n prosedur royal navy sebagaimana AL India. Lokasi latihan di lepas pantai Pakistan yan
g berbatasan dengan India, latihan melibatkan 2 kapal selam dan dua kapal roket cepat
 ALRI dari ALRI sedangkan AL pakistan menggunakan satu kapal selam serta dua destroyer.

  • Kegiatan yang lain-lain

Sebelum kapal melakukan latihan dengan AL Pakistan, kapal mengalami beberapa kerusaka
n antara lain radio DK maka diputuskan kapal melakukan perbaikan besar dulu dan menunggu
 kiriman dari Indonesia, sambil menunggu kapal selesai diperbaiki, kami memanfaatkan waktu
 untuk melakukan kunjungan - kunjungan kehormatan, tak dapat dipungkiri sepanjang jalan 
banyak poster - poster Presiden Soekarno yang dijual dan banyak yang menyanjung bantuan 
kami.
RI Pasopati di Museum, Surabaya















Saat latihan dengan AL pakistan mereka sama sekali tidak bisa mendeteksi keberadaan kami,
 pengalaman yang sama dikemudian hari saya dapatkan ketika berlatih dengan AL Australia
 saat saya mengomandani RI Pasopati.  

Sebagian kelasi kami bahkan berkelakar kalo kapal rusia tahan sonar, tapi masa iya? mungkin ada
 lapisan air laut yang dinamakan layer yang membuat pantulan sonar memantul kembali. Tap
i bagaimana pun itu membuat kami bangga, di samping itu dalam tugas ini juru sonar kami
 mendapat pengalaman baru yaitu mengenali suara baling - baling kapal Inggris.

  • Patroli bersama Malaysia

Tahun 1974 GUSPURLA (Gugus Tempur Laut) ALRI mendapat perintah dari Mabes ABRI
 untuk operasi pengamanan Selat Malaka bekerja sama dengan TLDM (Tentera Laut Diraja
 Malaysia), dalam Gugus Tempur tersebut terdapat KS RI Pasopati dengan komandan Kapte
n (P) Soentoro dengan Komandan Guspurla Laksamana Pertama Mardiono.  

Pada saat pembicaraan Rencana Operasi dengan perwira TLDM di Belawan, Medan mereka sudah
 tidak suka ada unsur Kapal Selam yang ikut dalam operasi itu "untuk apa...!?"kata mereka.

Mungkin mereka khawatir KS kita bisa dengan mudah menyelinap kedaerah mereka karena
 dalam rencana operasi tsb setiap armada tempur masing-masing negara berpatroli d
i wilayahnya masing masing setelah itu baru berkumpul disuatu titik kumpul dan berkonvo
i masuk ke Penang, Malaysia pada etape I dan Sabang, Indonesia pada etape II.  

Dengan penolakan secara tidak etis tsb komandan KS RI Pasopati merasa panas, tetapi
 diredakan oleh Dan Guspurla demi persahabatan kedua negara, tapi diam - diam Komandan
 KS ingin memberi pelajaran kepada TLDM.

Pada etape I setelah selesai berpatroli maka semua kapal perang berkumpul di titik kumpul
 dan berkonvoi menuju Penang ... dan menjelang pintu masuk pelabuhan Penang, tiba - tiba
 KS RI Pasopati sudah muncul dulu disana dan membuat panik rombongan konvoi yang dipimpin
 oleh TLDM. Hal tersebut membuat kesal Panglima TLDM Kolonel Laut Sidiq dan berkata KS tida
k usah ikut campur urusan patroli dan agar keluar dari formasi dan area patroli.
 KS RI Pasopati mendekati kapal TLDM
Pada etape II KS KRI Pasopati kelakukan free hunting (tidak mengikuti) pola patroli tetapi bebas
 menentukan sasaran sendiri dan setelah selesai seluruh kapal berpatroli masuk ke pelabuhan
 Sabang. Di sini awak KS KRI Pasopati ingin memberikan kejutan dan sekedar pamer kepada
 TLDM. Dengan ketelitian yang tinggi KS masuk alur pelabuhan dengan cara menyelam padahal
 kedalam alur pelabuhan hanya 20m, dari periskop terlihat awak Kapal TLDM jenis LST yan
g menjadi kapal komando tidak menyadari disekati oleh KS secara diam diam dan ... setelah
 tinggal jarak beberapa meter dari lambung kapal mereka ... 

Muncullah dengan tiba-tiba KS RI Pasopati dan membunyikan gauk (sirine) tanda kedatangan
 mereka ... maka gemparlah pelabuhan Sabang terutama awak kapal TLDM yang kapalnya
 sudah ditempel sama KS RI Pasopati.  

Malamnya Komandan Guspurla datang kepada Komandan KS RI Pasopati dan menyalaminya samb
il tersenyum dan berkata "Jangan Sembrono lagi ya...", dijawab "Siap Laksamana".... 
  • Bikin marah komandan fregat RAN

Tahun 1975 diadakan latihan anti kapal selam antara ALRI dengan RAN (Royal Australian Navy)
 sehubungan dengan muhibah fregat RAN ke Surabaya.  
Area latihan dilakukan di selat Madura sebelah utara Pulau Bali dengan area latihan sebesar
 10 Mil persegi, sebagai sasaran adalah KRI Pasopati dan yang mengejar adalah fregat kapal 
ALRI dan RAN.

Dalam latihan, kedua fregat tidak dapat mendeteksi KS kita, jadi mereka membom laut (denga
n bom latihan) secara membabi buta, padahal di bawah laut awak KS kita tertawa-tawa karena
 mereka tepat berada dibawah lunas fregat RAN. 

LO (Liaison Officer) dari ALRI yang ditempatkan di fregat RAN Letkol Laut (P) Saeran melihat
 komandan fregat RAN marah dan complain bahwa KS kita sebenarnya tidak ada disitu tapi 
sudah pulang ke pangkalan karena alat deteksi kapal RAN yang sudah canggih pada jama
n itu tidak bisa menemukan KS kita di area yang cukup sempit itu. Tapi kemudian dijawab
 dengan perintah KS agar timbul kepermukaan dan dengan sekejap KRI Pasopati sudah muncu
l dekat fregat RAN ... Ketika balik kepangkalan dan berlayar dipermukaan masih terdenga
r "ping" dari sonar fregat RAN rupanya masih penasaran mereka...kenapa KS RI Pasopati
 bisa menghindari Sonar mereka.

  • Operasi Seroja

Ini cerita waktu Operasi Seroja, integrasi Timtim antara 26 Feb 1976 s/d 26 Mar 1976. Pada
 saat itu KS RI Pasopati sedang menyelam di pantai utara dekat kota Baucau, tiba - tib
a ada laporan dari Juru Sonar ada suara baling-baling mendekat ke KS kita, untuk itu
 komandan kapal memerintahkan KS naik ke kedalaman periskop dan mengintip cakrawala,
 ternyata cakrawala bersih tanpa ada satu kapalpun disana.  

"Juru sonar, berapa baringan dan kecepatan?" tanya komandan. "Baringan 040 kecepata
n
 10 knots ... ndan" jawab juru sonar. Komandan mengecek lagi arah itu tidak terdapat kapal 
disitu. Komandan mengambil kesimpulan itu adalah KS asing yang mendekat. Untuk itu
 secara diam-diam peran tempur disiapkan di KS kita dan haluan kapal diubah menyongsong 
arah KS asing itu.

"Siapkan torpedo untuk ditembakkan" perintah komandan, tetapi tiba-tiba Juru sonar berkata
 "Baringan 000, suara menjauh, kecepatan 30 knots!"

Ternyata KS itu menjauh tidak mau berkonfrontasi dengan KS kita diperairan Timtim ... dar
i hasil analisa kemungkinan KS itu adalah KS USN milik Armada VII karena kecepatannya cukup
 tinggi 30 knots dan diketahui hanya mereka yang KS-nya bisa secepat itu pada masa itu...
 
  • Pernah bertemu di Pasifik?

Pada tahun 1978 saya diangkat menjadi Athan (Atase Pertahanan) RI untuk Iran yang
 berkedudukan di Teheran, alkisah pada suatu resepsi kemiliteran saya dan isteri hadir sebaga
i undangan , dan begitu pula dengan Athan dari Negara lainnya, saya mengenakan dinner
 jacket lengkap beserta tanda jasa dan tak lupa brevet Hiu Kencana yang saya banggakan.

Tampak asyik berkumpul para Athan dari USSR, USA, Jepang, dan Belanda. Sayapun
 bergabung dengan mereka. rupanya mathan USA matanya jeli menangkap kilatan brevet
 Hiu Kencana yang saya pakai, tampak dia mencolek Athan Belanda yang aku lupa namany
a sebut saja si jan(yan),“yan, kau pernah bertemu santo di pasifik kan?”

Sudah menjadi kebiasaan orang barat bila sudah merasa dekat akan menyapa dengan nama
 panggilannya saja tanpa embel2 apapun, spontan saya menjawab
“ya , si yan pernah mengirim roti saat itu tapi rotinya gak sampai”.

Saya mengetahui itu karena saya mengetahui bahwa si yan adalah komandan kapal frega
t Belanda yang menjatuhkan bom laut pada kami (RI Nagabanda) tapi tidak tepat sasaran
, sedangkan kami harus terus menerus menyelam selama 36 jam, bahkan salah satu kelas
i kami berkelakar pada saya, "tenang saja pak , komandan kapal diatas (fregat Belanda) itu
 teman komandan kita saat di Belanda”.
Ya, memang komandan kapal kami adalah alumnus AAL (Akademi Angkatan Laut) nya belanda
, tapi beda angkatan dengan komandan kapal fregat itu. Tidak dapat dipungkiri kehadira
 kapal selam RI waktu itu terasa sebagai efek deterrence yang sangat hebat, apalagi 6 kap
al selam yang baru dilengkapi torpedo SUT (homing torpedo) yang tercanggih di jamannya suda
h di siagakan di lapis kedua atau lingkar dalam yang sewaktu - waktu dapat di perintahkan 
bergerak.
  • Armada VII USN

Dulu ada Armada VII USN (United State Navy) yang mau lewat selat Sunda tapi tanpa
 permisi, pas kehadirannya sudah diketahui oleh gugus tempur selam di wilayah itu sekitar sela
t Sunda ... lalu diberi peringatan radio ... tapi tetap sombong dan acuh saja ... lalu setelah ad
a perintah dari pejabat berwenang yang tertinggi dalam hal ini ... dengan perintah 
..."Lakukanlah segala sesuatu yang menurut kalian adalah benar, demi menjaga kehormatan
 NKRI (Negara Kedaulatan Republik Indonesia), semuanya terserah kalian!"...

Lalu setelah beberapa saat kontak tidak ditanggapi ... KS RI melakukan jibaku (dengan
 maksud untuk mendekati, mau mengawal biar tidak macam - macam, tetapi ternyata terja
di kepanikan di kapal induk Armada VII USN) ... pergerakan KS yg semakin mendekat kap
al induk dan mematikan sinyal radio ... sangat menggentarkan mereka ...karena dipikirnya kapa
l induk akan ditubrukan secara frontal oleh KS RI tersebut ... pada detik - detik kritis kapal indu
k Armada VII berserta rombongan pengawalan berbalik arah putar haluan tidak jadi lewat sela
t Sunda tapi ambil arah ke Australia ... akhirnya semua crew KS RI berteriak "Hore ... kita
 menang ... Jalesveva Jaya Mahe...Jayalah Negeriku Indonesia Dilaut"!!!.

Memang benar ini adalah pengalaman mendebarkan dan membanggakan dengan manuver nekad 
anggota crew Hiu Kencana KS RI dengan berbaliknya Armada VII Amerika, maka kemenangan
 politis ada pada negara kita RI tercinta, setelah itu kalo tidak salah komandan crew
 mendapat anugrah bintang sakti!!! .


“ Sekali menyelam, maju terus – tiada jalan untuk timbul sebelum menang. Tabah
 Sampai Akhir “ Bagian pidato Presiden Soekarno di atas kapal selam RI Tjandrasa pada 
6 Oktober 1966 di dermaga Tanjung Priok, Jakarta.

Mereka bertugas dalam senyap jauh dari publikasi … Wira Ananta RudhiroTabah Sampai 
Akhir… !
Anda sedang membaca artikel tentang Kisah menakjubkan Kapal Selam Indonesia dan anda bisa menemukan artikel Kisah menakjubkan Kapal Selam Indonesia ini dengan url http://hyleaks.blogspot.com/2012/11/kisah-menakjubkan-kapal-selam-indonesia.html,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Kisah menakjubkan Kapal Selam Indonesia ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link Kisah menakjubkan Kapal Selam Indonesia sumbernya , karena blog ini suda terferivikasi dengan protec DMC juga 4 situs pengaman premium lain nya 
 
 
 

0 Response to "Kisah menakjubkan Kapal Selam Indonesia"

Posting Komentar

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes | Converted by BloggerTheme