Penemuan Tengkorak Ungkap Ritual Kuno Masyarakat Meksiko

Penemuan Tengkorak Ungkap Ritual Kuno Masyarakat Meksiko
SONORA -- Arkeolog di Sonora, Meksiko secara tidak sengaja menemukan tengkorak manusia dengan kepala kerucut yang diperkirakan berusia 1000 tahun.

Dikutip dari Red Orbit, tengkorak yang ditemukan ketika sedang dilakukan penggalian untuk membuat saluran irigasi ini, berasal dari 945 M hingga 1.308 Masehi. Cristina Garcia Moreno, yang bekerja pada proyek dengan Arizona State University, menjelaskan bahwa 13 dari 25 tengkorak ditemukan di kawasan pemakaman Hispanik ini memang memiliki bentuk kepala yang berbeda dari manusia normal pada umumnya.

"Kami tidak tahu mengapa populasi ini mengalami pada kepala mereka," ujar Moreno. Menurutnya, adanya deformasi pada bagian kepala diperkirakan terjadi karena adanya ritual kuno yang terjadi 1.000 tahun.

Di masa itu, kepala seseorang biasa diikat di antara dua balok kayu untuk menerapkan tekanan pada tengkorak yang dibungkus kayu. Ritual ini biasa dilakukan untuk membedakan orang-orang yang penting di masyarakat atau membedakan orang dari satu kelompok dari kelompok lainnya.


SUMBER: republika.com.id
Redaktur: Setyanadivita Livikacansera

0 Response to "Penemuan Tengkorak Ungkap Ritual Kuno Masyarakat Meksiko"

Posting Komentar

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes | Converted by BloggerTheme